Minggu, 30 Juli 2017

Besok 2.619 Ikut Tes Seleksi Honorer Kabupaten Malra

Detik Nusa

Tes Gunakan Sistem CAT Offline

Langgur, Malukupost.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) akan melaksanakan Tes Seleksi Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil (honorer) yang diikuti oleh 2.619 orang pegawai honorer yang rencananya akan digelar tanggal 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2017. Namun karena ada beberapa hal yang harus dibenahi, maka pelaksanaan tes tersebut ditunda ke tanggal 31 Juli sampai 4 Agustus 2017 dan tempat pelaksanaan Tes Seleksi di SMA Negeri 2 Kei Kecil. Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten setempat, Edoardus Ohoira, di Langgur, Minggu (30/7).
Langgur, Malukupost.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) akan melaksanakan Tes Seleksi Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil (honorer) yang diikuti oleh 2.619 orang pegawai honorer yang rencananya akan digelar tanggal 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2017.

Namun karena ada beberapa hal yang harus dibenahi, maka pelaksanaan tes tersebut ditunda ke tanggal 31 Juli sampai 4 Agustus 2017 dan tempat pelaksanaan Tes Seleksi di SMA Negeri 2 Kei Kecil. Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten setempat, Edoardus Ohoira, di Langgur, Minggu (30/7).

Menurut Ohoira, pelaksanaan tes seleksi honorer tersebut dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang sifatnya offline.

“Pesertanya akan dibagi 1  hari itu 8 shift dan setiap shift itu berjumlah 60 orang sehingga kami menargetkan setiap hari itu sekitar 600-an peserta,” ujarnya.

Dijelaskan Ohoira, untuk soal-soal dalam tes seleksi ini, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, untuk soal tes total berjumlah 75 butir soal dengan durasi waktu yakni 60 menit (1 jam), dan materi seleksi itu meliputi 3 aspek yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan bobotnya 40% dari jumlah soal, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan bobotnya 30% dari jumlah soal dan Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan bobotnya 30% dari jumlah soal.

“Jadi rata-rata untuk tiap soal itu sudah dihitung kurang lebih 50 detik per soal, karena soal itu menggunakan system sehingga waktu itu secara otomatis sudah diatur, sehingga kami telah mengarahkan kepada semua peserta bahwa tolong perhatikan waktunya,” ungkapnya.

Ohoira menandaskan, jika peserta tidak mempergunakan waktu untuk mengerjakan soal dengan baik dan ketika waktunya selesai maka dengan sendirinya soal itu akan hilang dari layar komputer.

“Kami berharap para peserta dapat menggunakan waktu yang ada dengan baik, karena soal akan hilang dari layar komputer saat waktu selesai,” katanya

Ohoira katakan, untuk sistem kelulusan pihaknya juga sudah menetapkannya yaitu sudah dibagi formasinya per SKPD, dan penghitungannya per peringkat. Misalnya SKPD X jumlah pegawai honorer yang ada berjumlah 15 orang sedangkan formasinya 10 orang maka sudah pasti 5 orang tidak akan lulus.

“Cara hitungnya yakni per peringkat dari peringkat 1 sampai peringkat 10 sedangkan peringkat 11 sampai 15 itu tidak lulus, dan dari 10 orang yang dinyatakan lulus tersebut akan dikualifikasikan per pendidikan yakni Strata Dua (S2), Strata Satu (S1), Diploma (DI/DII/DIII) dan SMA” tandasnya.

Ohoira menambahkan, setelah pelaksanaan tes tersebut pihaknya akan melanjutkan dengan proses seleksi yang dikhususkan untuk tenaga kependidikan yang telah terdata dan terdaftar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tenggara.

“Mereka yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan baik itu Yayasan maupun Kepala Sekolah setempat,” imbuhnya.

Ohoira berharap, semoga proses pelaksanaan Tes Seleksi honorer Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2017 yang dimulai hari Senin 31Juli (esok) tidak ada halangan dan hambatan sehingga semuanya berjalan sesuai rencana. (MP-15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar