Jumat, 04 Mei 2018

Seleksi Sekda Blora Masuki Tahap Akhir, Hasil Diumumkan 7 Mei Mendatang

Detik Nusa
Seleksi tahap akhir jabatan Sekda Kabupaten Blora yang diikuti oleh lima peserta dilakukan di BKD. (foto: dok-am)
BLORA. Lima pejabat calon sekretaris daerah (sekda) Blora mulai kemarin menjalani seleksi terakhir berupa penulisan makalah, presentasi dan wawancara. Tahapan akhir tersebut berlangsung dua hari, Kamis dan Jumat (3-4/5/2018) di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora.

Kelima pejabat itu adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Purwanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Samgautama Karnajaya, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Wahyu Agustini, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Slamet Pamuji serta Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Komang Gede Irawadi.

Kelimanya sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi kompetensi oleh unit penilai kompetensi Provinsi Jateng, 27 April lalu. Mereka selanjutnya diminta membuat makalah dengan tema Rencana Strategis Sekda dalam Mewujudkan Masyarakat Blora yang Sejahtera dan Bermartabat. Tema itu sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blora.

Sekda Drs. Bondan Sukarno MM yang sebentar lagi pensiun, membuka tahapan akhir seleksi calon sekda, Kamis (3/5/2018). (foto: dok-am)
“Dalam penulisan makalah itu, para peserta diberikan waktu selama 120 menit atau dua jam. Makalah ditulis tangan di atas kertas yang telah disiapkan panitia, maksimal delapan lembar,’’ ujar Sekda Bondan Sukarno yang membuka seleksi penulisan makalah, presentasi dan wawancara, kemarin.

Tak nampak ketegangan di raut wajah para calon sekda tersebut. Mereka dengan santai namun serius menyusun makalah memanfaatkan waktu yang telah disediakan. Panitia menerapkan open book. Artinya, para peserta dipersilahkan membuka buku maupun referensi lainnya dalam menyusun makalah. Ide dan gagasan dalam makalah lah yang akan membedakan hasil karya mereka.

“Setelah penyusunan makalah selesai, besok pagi (hari ini, red) akan dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara,’’ tandas Bondan Sukarno yang akan pensiun 1 Juni nanti.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora Joko Ristriyono mengemukakan, dalam presentasi setiap peserta menggunakan power point.

“Setiap peserta diperbolehkan membawa seorang asisten atau pendamping untuk mengoperasikan power point,’’ katanya.

Setiap peserta hanya diberikan waktu maksimal sepuluh menit untuk menyampaikan presentasi hari ini. Penajaman lebih banyak akan difokuskan dalam diskusi atau wawancara yang alokasi waktunya 50 menit.

Panitia telah menyusun daftar urutan presentasi dan wawancara berdasarkan abjad nama peserta. Diawali Komang Gede Irawadi yang dijadwalkan melakukan presentasi dan wawancara mulai pukul 08.00 Wib hingga 09.00 Wib. Disusul berikutnya Purwanto dan Samgautama Karnajaya. Setelah istirahat sholat Jumat, presentasi dan wawancara dilanjutkan mulai pukul 13.00 Wib. Yakni diawali Slamet Pamuji dan diakhiri Wahyu Agustini.

Menurut rencana, hasil akhir seleksi akan diumumkan 7 Mei. Dalam pengumuman itu akan ditentukan tiga nama. Nama-nama tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Bupati untuk dipilih salah satunya sebelum ditetapkan menjadi Sekda Blora. Namun sebelum diputuskan siapa yang menjadi sekda, terlebih dahulu nama tersebut diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. (am-sm/ib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar