Selasa, 08 Mei 2018

LAN Dan Pemkab Aru Gelar Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan

Detik Nusa
Dobo, Malukupost.com - Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kepulauan Aru menggelar Laboratorium Inovasi Tahap Drum-Up, Diagnosa, Design, Akselerasi Inovasi Tata kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah yang berlangsung di gedung Kesenian Sitakena Dobo tanggal 7-9 mei 2018.
Dobo, Malukupost.com - Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kepulauan Aru menggelar Laboratorium Inovasi Tahap Drum-Up, Diagnosa, Design, Akselerasi Inovasi Tata kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah yang berlangsung di gedung Kesenian Sitakena Dobo tanggal 7-9 mei 2018.

Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA didampingi Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga membuka langsung di mulainya Akselerasi Inovasi Tata kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah yang merupakan Program Prioritas Nasional 2018.

Bupati kepulauan Aru, Johan Gonga dalam sambutannya mengatakan, Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing nasional dan meningkatkan kesejahteraan bangsa.

“Di antara sektor-sektor yang dituntut untuk melakukan inovasi secara akseleratif, sektor publik merupakan salah satu sektor yang paling diharapkan, khususnya sektor publik di daerah pemerintah propinsi, kabupaten dan kota,” ujarnya.

Gonga katakan, hal tersebut sejalan dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada pasal 386, yang menyatakan bahwa “dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi”.

“Yang dipahami sebagai semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik di daerah. Dengan sektor publik yang inovatif, maka pelayanan publik menjadi semakin baik, masyarakat semakin berdaya, pertumbuhan ekonomi semakin tinggi dan pada akhirnya, daya saing daerah dan kesejahteraan warga pun semakin meningkat,” ungkapnya.

Menurut Gonga, Pelaksanaan kegiatan Laboratorium Inovasi yang merupakan bagian dari agenda program prioritas nasional yang akan kita laksanakan ini, diharapkan dapat menumbuhkembangkan semangat berinovasi pada sektor publik, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah khususnya di Kabupaten kita tercinta, Kabupaten Kepulauan Aru.

“Pemerintah terus berjuang untuk mewujudkan pengembangan dan pembangunan serta mampu menjalankan program-program pembangunan nasional yang sinergis dengan program pembangunan di Bumi Jargaria Sarkuarisa, menuju Indonesia yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan,” tandanya.

Gonga mengakui, masih banyak yang harus diperbaiki dan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru dalam perputaran roda pembangunan yang sementara berlangsung, meski telah banyak pula keberhasilan yang dicapai.

“Untuk itu, Pemkab Kepulauan Aru menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dan seluruh jajaran, yang telah menetapkan Kabupaten Kepulauan Aru sebagai lokasi program ini, karena pasti akan sangat berpengaruh dalam mendongkrak daya saing daerah dalam pembangunan nasional. Dan saya berharap semua Pimpinan OPD dapat mengikutinya dengan baik untuk dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara LAN Republik Indonesia, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara, selain menjalankan tugas dan tanggung jawab tentunya harus berinovasi, melakukan perubahan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Inovasi merupakan kebutuhan.

“Di era sekarang, menghadapi masyarakat global, berkompetisi dengan negara lain, harus terus berinovasi, meningkatkan kualitas, agar dianggap negara maju. Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah merupakan Program Prioritas Nasional 2018 dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN),”bebernya.

Utomo katakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Untuk itu, diharapkan nantinya semua peserta mengungkapkan ide, gagasan dan inovasi baru dalam memperbaiki dan meningkatkan layanan kita kepada masyarakat,” imbuhnya. (MP-16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar