Senin, 01 Oktober 2018

Regu Penyelamat Temukan Kapal Yang Hanyut Di Perairan Maluku

Detik Nusa
Ambon, Malukupost.com - Regu penyelamat yang meliputi aparat Polair Polres Maluku Tenggara Barat, Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat berhasil menemukan KM Nusa Jaya, yang terhanyut setelah mengalami gangguan mesin di perairan Desa Latdalam, Tanimbar Selatan, Maluku Tenggara Barat. "Seluruh awaknya dalam kondisi selamat," kata Kepala Bidang Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Rabu (26/9), mengenai empat awak dan seorang penumpang kapal berukuran 10 GT tersebut.
Ambon, Malukupost.com - Regu penyelamat yang meliputi aparat Polair Polres Maluku Tenggara Barat, Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat berhasil menemukan KM Nusa Jaya, yang terhanyut setelah mengalami gangguan mesin di perairan Desa Latdalam, Tanimbar Selatan, Maluku Tenggara Barat.

"Seluruh awaknya dalam kondisi selamat," kata Kepala Bidang Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Rabu (26/9), mengenai empat awak dan seorang penumpang kapal berukuran 10 GT tersebut.

Ia menyatakan bahwa nakhoda kapal Iskandar (46), seorang penumpang bernama Michael Albart (29), serta awak kapal bernama Bara, Hendrik dan Yanto semuanya selamat.

Petugas melakukan pencarian setelah Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) menerima laporan pada Selasa pukul 06.39 WIT dari Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Jhon Rananmase bahwa sekitar pukul 02.00 WIT KM Nusa Jaya yang berlayar dari pelabuhan Saumlaki menuju Kecamatan Wermaktian mengalami gangguan mesin di perairan sekitar Desa Latdalam dan kemudian hanyut.

Setelah menerima laporan, Kasat Polair Polres MTB Ipda AR Sambas memerintahkan piket kapal menyiapkan armada KP XVI 2010 ERAPUS berkoordinasi dengan Kepala Pos Basarnas dan Sekretaris BPBD MTB untuk melakukan upaya pencarian.

Kasat Polair memimpin operasi pencarian kapal. Karena tidak menemukan kapal di sekitar Karang Batu Kerbau, tim melanjutkan pencarian ke arah selatan Pulau Ngolin dan Pintu Tandula sebelum kembali ke Desa Latdalam untuk mengisi bahan bakar.

Regu penyelamat kemudian menuju ke Kepulauan Selu, dan pada pukul 14.45 WIT menemukan KM Nusa Jaya di sekitar Karang Barsadi. Mereka menarik kapal yang menurut nakhoda mengalami gangguan mesin itu ke Pulau Sera, Kecamatan Wermaktian. (MP-5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar