Selasa, 13 Agustus 2019

Samoa Amerika: Masalah West Papua Tidak Bisa Diabaikan Lagi, Perlu Ditinjau!

Detik Nusa
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

FUNAFUTI, Tuvalu - Pertemuan pemimpin Pasifik Island Forum (PIF) dimulai, sesi dialog antara organisasi sipil dengan pemimpin Forum diadakan, Rabu, (14/08/2019).

Samoa Amerika yang adalah negara anggota PIF dikabarkan, telah menegaskan posisinya untuk West Papua.

"Masalah West Papua telah diangkat dalam forum ini berulang-ulang. Jika diangkat lagi kembali di forum berikutnya, maka [dapat disimpulkan] ada sesuatu yang salah dengan kami." tandas Perdana Menteri Samoa, Hon. Tuilaepa Aiono Sailele Malielegaoi, (14/08).

Perdana Menteri Samoa kemudian menyerukan agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera menanggapi undangan Indonesia untuk mengunjungi West Papua, untuk dilakukannya penilaian atas kondisi masalah hak asasi manusia di sana.

Samoa ingin agar pemimpin Pasifik meninjau posisi untuk West Papua. Menurutnya, tidak ada yang berubah sejak posisi pimpinan forum pada tahun-tahun sebelumnya.

"Masalahnya tidak bisa diabaikan lagi, ketika orang-orang sekarat," tegas Samoa.

Pertemuan PIF

Pertemuan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) resmi dibuka kemarin (13/08) sore, di Funafuti, Tuvalu. Para pemimpin Forum dari 18 negara anggota dipastikan telah hadir, termasuk United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) selaku representasi [perwakilan] West Papua.

Masalah West Papua menjadi menjadi salah satu agenda prioritas dalam pertemuan pemimpin Forum kali ini (*).


Posted by: Admin
Copyright ©tabloid-wani.com/viaPIF "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar