Selasa, 27 Agustus 2019

Pendiri Teater Kabaresi Yapi Mailoa Tutup Usia Di Belanda

Detik Nusa
Ambon, Malukupost.com - Maluku kehilangan seorang sosok pelopor di dunia teater.  Yapi Mailoa,  sang pendiri Sanggar Teater Kabaresi, tutup usia di Groningen, Negeri Belanda, Selasa (27/8).

Pentolan panggung Paparisa Kecil TVRI Ambon Valentino Luhukay (Atus Perces) dan Alfrido Ralahalu (Acim) ikut mendampingi Yapi ke rumah sakit di Groningen.   Keduanya belum bisa memberi banyak informasi sebab masih dalam perjalanan pulang dari rumah sakit di Groningen ke Assen.

Sekalipun demikian, Alfrido dan Valentino sama-sama memastikan, jenazah Yapi sudah berada di kamar jenazah.  Alfrido dkk bersama keluarga Maluku di Belanda, melakukan koordinasi untuk pemulangan jenazah  ke Ambon.

Yapi sudah berada di Negeri Belanda sejak sebulan lalu.  Ia bersama bintang-bintang teater Kabaresi dari Ambon yang diasuhnya bertahun-tahun.  Mereka  mengikuti serangkaian festival dan pertunjukan di berbagai kota di Belanda. 

Sanggar Kabaresi masih punya jadwal dua kali penampilan panggung di dua tempat berbeda yakni di Hoogeveen pada hari Jumat (30/8) dan di Assen, hari Sabtu (31/8). Yapi dan rombongan pada pagi kemarin, bertolak dari Wormeveer ke Assen untuk menyiapkan dua penampilan tersebut. 

Di Assen, Yapi merasa tidak nyaman dan mengeluhkan kondisi kesehatan, ia lantas dilarikan ke Rumah Sakit di Groningen, sampai menghembuskan nafas terakhir.  Maluku Post masih terus berusaha mengumpulkan informasi seputar kepulangannya, dari para kerabat di Belanda.(malukupost/rudifofid/foto fb yapphye mailoa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar