Jumat, 01 September 2017

Fir'aun Tutankhamun Memiliki Belati Dari Ruang Angkasa. Seperti Apa Bentuknya?

Detik Nusa

LAMPUNGUPDATE.COM - Sebuah makam Tutankhamun yang ditemukan hampir 100 tahun yang lalu di gurun Mesir ternyata berhubungan dengan dunia lain.

Para peneliti menemukan salah satu benda selain mumi Fir'aun, yaitu sebuah pisau belati yang terbungkus dalam selubung emas. Pisau belati tersebut diyakini terbuat dari besi yang berasal dari batu meteor.

Para peneliti di Museum Mesir di Kairo, Milan Polytechnic dan Pisa University, telah menggunakan teknologi x-ray untuk untuk memeriksa komposisi logam belati tersebut.




Mereka menemukan bilah pisaunya sangat terawat, hanya sedikit korosi saat dikuburkan dengan pemiliknya, memiliki kandungan nikel tingkat tinggi, selain kobalt dan fosfor.

Ternyata zak kimia yang melekat pada pisau tersebut sangat cocok dengan meteor bernama Kharga yang ditemukan pada tahun 2000 di dataran M aras Matruh di Mesir.

Belati tersebut memiliki pegangan yang bersulam emas dengan ujung terbuat dari kristal dan sarungnya bermotif bunga dengan pola bulu dan kepala serigala.

Selain itu, kualitas produksi yang tinggi dari pisau belati Tutankhamun, dibandingkan dengan artefak besi meteor berbentuk sederhana lainnya, menunjukkan penguasaan yang signifikan pada pembuatan besi pada masa Tutankhamun ini.

"Belati sepanjang 13 inci (34.2cm) yang ditemukan ini tergeletak di samping paha kanan dari mumi Raja Tutankhamun,” kata Daniela Comelli dari Politeknik Milan yang merupakan seorang peneliti. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar