Kamis, 09 Agustus 2018

Seorang Jamaah Haji Asal Malra Meninggal Dunia

Detik Nusa
Ambon, Malukupost.com - Bua Permata Uar bin Daing Matira Uar, Jamaah Haji asal Maluku kloter 12 asal Kabupaten Maluku Tenggara meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (4/8). Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin mengatakan Almarhum meninggal dunia usai melaksanakan Sholat Sunah Tawaf di Masjidil Haram pukul 00-25 waktu setempat. Penyebab meningalnya pria kelahiran 1960 itu karena hipertensi dan kelelahan setelah melakukan aktivitas Sholat Rukun Haji.
Ambon, Malukupost.com - Bua Permata Uar bin Daing Matira Uar, Jamaah Haji asal Maluku kloter 12 asal Kabupaten Maluku Tenggara meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (4/8).

Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin mengatakan Almarhum meninggal dunia usai melaksanakan Sholat Sunah Tawaf di Masjidil Haram pukul 00-25 waktu setempat.

Penyebab meninggalnya pria kelahiran 1960 itu karena hipertensi dan kelelahan setelah melakukan aktivitas Sholat Rukun Haji.

"Ya, benar ada Jamaah Haji Maluku kloter 12 atas nama, Bua Permata Uar Bin Daing Matira Uar, dari Maluku Tenggara, meninggal dunia Sabtu (4/8), usai melaksanakan Sholat sunat tawaf di Masjidil Haram. Penyebab meninggalnya, karena terkena Hipertensi dan kelelahan," ungkapnya di Ambon, Rabu (8/8).

Diungkapkan Yamin, Almarhum kemudian dikebumikan pada hari yang sama, Sabtu (4/8) ditempat pemakaman Tsurraya Mekkah.

“Keberangkatan Almarhum ditemani istrinya Neneng Rumra Muhammad Arif binti Muhammad Arif Rumra, keduanya tergabung dalam kloter 12,” katanya.

"Pak Bua ini berangkat bersama istri. Nah setelah meninggal barangnya kami serahkan ke istrinya, ibu Neneng Rumra untuk dipulangkan nanti," katanya lagi.

Yamin menambahkan, dengan meninggalnnya Jamaah asal Maluku Tenggara ini maka para tenaga kesehatan yang tergabung dimasing-masing kloter, terus memperhatikan kondisi Jamaah, agar tidak lengah dan selalu mendapatkan perawatan secara intensif selama mengikuti Ibadah Haji.

"Suhu di Arab Saudi berbeda dengan Indonesia. Selain itu, total Jamaah Maluku berjumlah 1.071 kebanyakan yang sudah lanjut usia. Namun, para pendamping terus melakukan pengawasan terhadap jamaah sambil mengontrol kondisi kesehatan mereka,” tandasnya. (MP-9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar