Jumat, 03 Agustus 2018

Dinkop UKM Malra Bersama CU AHA Gelar Seminar

Detik Nusa
Langgur, Malukupost.com - Credit Union (CU) Ain Hov Ain (AHA) bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar seminar Membangun Kesejahteraan Masyarakat Dengan Koperasi Dan Spin Off-nya, yang dipusatkan di Grand Vilia Hotel Langgur, Kamis (2/8). Bupati Malra, Anderias Rentanubun, dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Hironimus Rettobjaan, mengatakan, pemkab sangat mengapresiasi kinerja dari Koperasi CU AHA, karena melalui Dinas Koperasi dan UKM Malra, telah menempatkan Koperasi ini sebagai salah satu koperasi terbaik se-Indonesia, dengan menerima Plakat Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, pada peringatan HUT Koperasi ke-71 Tahun 2018 di Makassar.
Langgur, Malukupost.com - Credit Union (CU) Ain Hov Ain (AHA) bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar seminar Membangun Kesejahteraan Masyarakat Dengan Koperasi Dan Spin Off-nya, yang dipusatkan di Grand Vilia Hotel Langgur, Kamis (2/8).

Bupati Malra, Anderias Rentanubun, dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Hironimus Rettobjaan, mengatakan, pemkab sangat mengapresiasi kinerja dari Koperasi CU AHA, karena melalui Dinas Koperasi dan UKM Malra, telah menempatkan Koperasi ini sebagai salah satu koperasi terbaik se-Indonesia, dengan menerima Plakat Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, pada peringatan HUT Koperasi ke-71 Tahun 2018 di Makassar.

“Upaya kerja keras dimaksud menunjukkan bahwa Pemda Malra sangat peduli terhadap eksistensi pengembangan perkoperasian, guna memajukan perekonomian daerah menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan usahanya. Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Koperasi CU AHA yang telah mengembangkan diri terhadap potensi ekonomi sektor-sektor riil melalui pembukaan 6 Koperasi baru sebagai satu Group AHA di Kabupaten Maluku Tenggara,” ujarnya.

Rentanubun katakan, seminar tersebut diselenggarakan untuk mendiskusikan dan saling bertukar pikiran secara konstruktif dengan seluruh pihak, dalam memahami secara utuh potret Koperasi Group AHA, sebagai Koperasi Sektor Ril, dimana 6 koperasi ini atas bantuan dan dukungan Pemda Malra melalui Dinas Koperasi dan UKM telah mendapatkan Pengesahan Akta Pendirian dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada bulan Januari 2018.

“Untuk itu, tantangan dan peluang guna pengembangan 6 koperasi ini sangatlah dibutuhkan kerjasama dan pengelolaan manajemen yang tertata kelola dengan baik bersama Pemda yang akan memberikan kontribusi nyata untuk mengatasi kemiskinan menuju pembangunan ekonomi Malra yang kuat dan masyarakat sejahtera,”ungkapnya.

Dijelaskan Rentanubun, koperasi bukan hyanya berada dibelakang kesuksesan seorang Pengurus, tetapi koperasi itu ada karena kepentingan anggota sebagaimana tujuan koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangunan tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Keberadaan Koperasi CU. AHA di tengah-tengah kehidupan masyarakat di Kepulauan Kei saat ini banyak memberikan manfaat, utamanya perkuatan modal usaha bagi kelompok usaha mikro dan kecil, sehingga tumbuh dan berkembang menjadi pelaku-pelaku usaha yang kuat dan tangguh,” katanya

“selaku kepala pemerintahan daerah, sesuai pencapain visi dan misi, kami pun melakukan berbagai stimulan penguatan usaha di berbagai sektor riil, guna peningkatan kualitas usaha. Kamipun berharap dgn kemitraan yang terbangun bersama Group AHA akan meningkatkan produktivitas hasil dari setiap pelaku usaha di berbagai sector riil yang ada di wilayah Malra,” katanya lagi.

Rentanubun berharap, seluruh peserta seminar dapat mencurahkan pikiran dan pendapat secara serius guna menghasilkan sebuah rumusan baik dan bijak untuk pembangunan 6 Koperasi Group AHA dimasa mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Koperasi dan UKM Malra, Recky Ingratubun, menyatakan, pihaknya melakukan kerja sama dengan Koperasi CU.AHA dalam implementasi terhadap kemandirian masyarakat di Malra, ini adalah pekerjaan partnership di lingkup kabupaten, yang kemudian di breakdown dalam hubungan bersama Kementerian.

Menurut Ingratubun, dengan hadirnya Mr. Balu Iyer selaku Regional Director Asia Pasific-International Cooperative Alliance (ICA) yang berkedudukan di Kanada dan Mr. Robby Tulus selaku Penasehat Inkopdit dan Advisor Induk Koperasi Rakyat (Inkur) di Indonesia sebagai pembicara (narasumber utama) dalam seminar menunjukkan bahwa Koperasi CU AHA merupakan salah koperasi terbaik di Indonesia yang mendapat perhatian dari Kementerian.

“Ini sangat luarbiasa, karena Mr. Balu Iyer jauh-jauh datang dari Kanada ke Indonesia dan tiba di Kei (Malra), untuk melihat perkembangan dari Koperasi CU. AHA yang merupakan salah satu bentuk dari koperasi simpan pinjam berbasis union,” tandasnya.

Ingratubun menambahkan, tujuan utama dari kedatangan mereka ini adalah dalam membangun sector riil di Malra sebagai perwujudan dari visi dan misi Pemda Malra yakni menuju masyarakat Malra yang sejahtera. (MP-15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar