Senin, 04 Desember 2017

Saksikan, 8 Tim Kesenian Siap Meriahkan Festival Barong Nusantara IV

Detik Nusa
Pagi ini panggung besar mulai disiapkan untuk Festival Barong Nusantara IV di Alun-alun Blora. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Sebanyak delapan tim kesenian dari berbagai kota dipastikan akan ikut memeriahkan Festival Barong Nusantara IV yang akan dilaksanakan mulai Selasa sore nanti (5/12/2017) di Alun-alun Blora. Mereka akan menampilkan beragam jenis tarian barong dari daerahnya masing-masing yang dikemas sesuai tema, yakni Barong Nusantara.

Pagi ini, sebuah panggung besar mulai dipersiapkan tepat di depan Gapura Pendopo Rumah Dinas Bupati yang berada di Jl.Alun-alun Utara. Beberapa panitia sedang sibuk mempersiapkan setting lokasi dan persiapan tenda untuk tamu kehormatan.

Edy Kalbu, salah satu panitia yang ditemui di Alun-alun pagi ini menyatakan bahwa Festival akan mulai dilaksanakan sore nanti pukul 15.00 WIB. Semua peserta sejak pagi ini mulai melakukan registrasi dan persiapan di dalam Gedung Sasana Bakti.

“Ini sudah ada tim dari Purwakarta Jawa Barat yang tiba di Blora menggunakan rombongan satu bus besar. Mereka akan menampilkan tampilan seni budayanya nanti malam. Silahkan mulai sore nanti merapat ke Alun-alun. Insya Allah Pak Bupati akan membuka langsung acara ini,” ucapnya.

Delapan tim kesenian bakal meramaikan festival barong sore hingga malam nanti. (foto: dok-ib)
Adapun Abah Abi, koordinator tim kesenian dari Purwakarta saat ditanya tentang tampilan yang akan dimainkan, mengatakan bahwa pihaknya akan menampilkan tari garapan berjudul Gebrag Barong.

“Kami akan menampilkan berbagai ragam jenis tari dan tetabuhan dengan disesuaikan tema acara yakni barong. Sehingga nanti akan kita tampilkan barong juga, namun tampilannya beda. Tidak seperti barong dari Blora. Saksikan saja nanti malam,” jelas Abah Abi yang sedang meninjau lokasi panggung pertunjukan.

Adapun rundown Festival Barong Nusantara IV mulai sore nanti adalah sebagai berikut :
  1. Pukul 15.00 WIB Penampilan dari Sanggar Tari Surosentiko
  2. Pukul 16.00 WIB Penampilan Barongsai dan Leong dari TITD Hok Tik Bio Blora
  3. Pukul 18.45 WIB Penampilan Barongan Gaprak Singo Lodra dari Todanan
  4. Pukul 20.00 WIB Penampilan Tari Kolosal Kultur Blora dari UNISRI Solo
  5. Pukul 20.45 WIB Penampilan Tari Banjaran Kembang Pegon dari Tuban Jatim
  6. Pukul 21.30 WIB Penampilan Tari Barongan Geprak Nara Sima dari ISI Surakarta
  7. Pukul 22.15 WIB Penampilan Tari Gebrag Barong dari Purwakarta Jawa Barat
  8. Pukul 23.15 WIB Penampilan Tari Murwokala Narasima dari Kopra Solo
Semua tim kesenian akan melakukan persiapan di Gedung Sasana Bakti Blora. Dalam acara tersebut juga akan dilaksanakan penandatanganan MoU antara pemkab Blora dengan ISI Surakarta dan penyerahan sertifikat pengesahan Barongan Blora sebagai Warisan Tak Benda. (res-infoblora)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar